Rabu, 27 Mei 2015

PRODUSEN YANG PRODUKTIF

* Ngetik sambil ngantuk. yang penting produktif. hehehehhe
Alfa hadir di blog lagi.
kali ini ngomongin tentang produktivitas seseorang.

well, cuss aja yaa. lagi nggak mood bertele - tele. udah ngantuk juga. hohohoho.

sekarang udah 2015, dan setiap orang punya KEBUTUHAN masing masing yang pastinya nggak sama. dan kebutuhan itu kebanyakan punya harga yang relatif cukup tinggi a.k.a nggak murah. ada juga yang harganya kayak gelombang suara, naik turun. Tapi mau gimana lagi. orang itu harus bisa mendapatkan kebutuhan itu biar kelangsungan hidupnya terus berlanjut.



segala cara dilakukan agar bisa meraih KEBUTUHAN tersebut. sebenarnya tujuannya cuma satu. bisa sukses dan tercapai semua cita - cita dan angan - angannya.( bukannya 2 ya? hohohoho )

misalkan :
si A adalah seorang guru. tapi dia multitalented. bisa beberapa macam keahlian. awalnya dia nggak mengoptimalkan skills tersebut. tapi, karena kebutuhan ekonomi meningkat, dan perekonomiannya mengalami gonjang ganjing sehingga menimbulkan kontroversi hati, walhasil dia mencari cara untuk bisa terus menjaga kelangsungan hidupnya. syukur - syukur dia bisa sukses. akhirnya, dia mengoptimalkan semua skills yang dia pendam dan lambat laun si A bisa sukses berkat kegigihan dan kerja kerasnya mengoptimalkan semua potensi yang dia punya.

sebenernya produsen yang produktif tuh sama kayak ayam petelur yang memang diciptakan untuk bertelur dan menghasilkan telur, dimana telur telur tersebut akan di distribusikan dan akhirnya di nkmati oleh konsumen.


sama dengan kita. sebagai umat Tuhan  ( penyebutan secara universal aja yeeee :D ) yang cerdas dan paling sempurna, kita punya banyak keahlian dan kecerdasan. sayangnya, kita belum isa mengoptimalkan kesemuanya itu. nunggu kita ada di posisi terpuruk dulu, nunggu di pecutin dulu sampe sadar dan mata melek, baru akhirnya skills kita bisa teroptimalkan dengan baik.

tapi ini juga sebagai cambuk buat saya pribadi.
ada diposisi kurang baik ( kalo diibaratkan roda, saya sedang ada di posisi bawah. kwokwokwok. curhat!! :v ) membuat saya harus berpikir keras agar - at least - kelangsungan hidup saya bisa terus teruntai. saya tahu dan sadar kalo setiap orang ( termasuk saya pribadi ) memiliki banyak skills yang bisa saya kembangkan. berhubung saya lahir dari keluarga yang punya darah dan jiwa seni yang cukup tinggi, ya skills yang saya punya pun yang berhubungan dengan seni.

sedikit cerita, sejak kecil saya sudah merasa bahwa saya lahir di tengah - tengah keluarga seniman. dari kecil saya sudah tampil menyanyi di atas panggung, dan itu membawa saya semakin dekat dan semakin dalam berada di dunia seni.
sampai sekarang, ada beberapa skills yang saya bisa. menyanyi, baca puisi, bikin cerita, dan bikin komik. dan skills saya yang terbaru ada seni melipat kertas dari jepang ( Origami ) dan Macrame ( Seni Simpul dari Arab yang kemudian dipopulerkan di Eropa dan Amerika ).

Back to the topic.
tadi kan saya bilang kalau saya sekarang ini sedang berada di masa - masa sulit. masa dimana semua kebutuhan mulai naik. itu menyebabkan saya harus memutar otak ( puter di mesin cuci, biar fresh lagi. :v ) agar setidaknya kebutuhan pribadi saya dapat terpenuhi. walhasil, saya mencari tahu dulu apa saja skills yang saya punya. setelah itu saya melakukan riset di pasar, kira - kira apa yang bisa saya tawarkan kepada konsumen yang belum ada dan mungkin saja unik.

Komik? udah banyak banget komik yang bagus.Coret!!

Nyanyi? lagi cari gitaris sih. moga - moga aja ada yang nyantol. :D Ceklis!!

Bikin Cerita? ini sekarang lagi getol - getolnya nulis di blog dan wattpad. dan terus berinovasi dengan genre2 dan mencari tema yang unik dan segar. Blog? jadul sih. yang penting berkarya. Ceklis!!

Origami? This is it! ikan segar ala chef Alfabets. hahahahahaha. canda. :D
Lagi riset untuk bisa menjual origami dalam bentuk yang bisa dipakai masyarakat. doain aja lancar.

Macrame?
nah ini dia nih. skills baru yang sedang aku tekuni. dengan berbahan benang siet, dan alatnya berupa ketelatenan, ketelitian, kedua tangan ayng alhamdulillah masih utuh dan otak untuk bepikir ktiris dan cerdas, aku sekarang sedang merintis usaha makrame. benang siet bisa aku sulap jadi gantungan kunci, anting, gelang kalung dan bando yang unik dan cantik.

Kursus?
udah pernah coba les pelajaran untuk anak SD sampai les gambar aku jajal semua. meskipun nggak lama, seenggaknya aku tau dan sadar bahwa cari duit tuh nggak gampang. capek. tapi menyenangkan jika kita melakukan pekerjaan yang kita sukai.

semua ini ku lakukan karena sekarang udah 2015. sekarang umurku udah 22. sekarang udah tau rasanya betapa cari duit itu susah. Sekarang udah bisa sadar bahwa aku sudah tua. sekarang udah bisa cari duit sendiri. sekarang udah malem, aku ngantuk. :v Canda!!

Intinya, sekarang kita semua harus lebih produktif lagi kayak ayam petelur.
nggak muda, nggak tua, nggak cewek nggak cowok, nggak gay, lesbian, biseksual, kita semua harus produktif.
harus bisa mengoptimalkan potensi diri kita.
harus bisa menyadari betapa kebutuhan hidup makin banyak.
harus tau bahwa kita adalah makhluk yang cerdas. gunakan kecerdasan kita untuk berkarya.
harus menggunakan waktu sebaik mungkin. 1 hari = 24jam. 1 jam = 60menit. 1 menit = 60 detik. 1detik sangat berharga dan penting jika kita ingin, mau sian siap berubah jadi lebih baik.
harus bisa mengoptimalkan setiap detiknya untuk berkarya. kalo dalam sekali waktu kita bisa mengerjakan dua skills sekaligus, why not?? tangan kita dua, mata kita dua, hidung satu, otak 1 besar pula. optimalkan semua organ tubuh kita untuk berkarya. And I'm doing it. aku lagi berusaha untuk mengoptimalkan kinerja tubuh, mengoptimalkan dan meningkatkan skills agar bisa terus menjaga kelangsungan hidup saya.

Tanamkan pada diri kita bahwa kita bisa lebih hebat dari ayam petelur dengan terus menghasilkan karya yang bagus dan semakin disukai masyarakat dan bisa memberikan makna dan pencerahan untuk semua. jangan cuma ngandelin bantuan orang. kalo kita bisa seperti ayam petelur, atau mungkin leih hebat dari itu, kita akan bisa sukses. SUKSES DUNIA AKHIRAT!!

jujur, nulis di blog is just for fun dan bisa saja kita nggak dapet apa - apa dari blog. tapi, dapet apresiasi dari temen2 setelah baca karya2 yang berhasil di publish tuh rasanya seneng banget. thats more meaningful than money, even i wont be lying that I need money, but when the appreciating are come to me, its make me more happy to make new product and share to them.

jujur nulis di blog tuh cuma sekedar keisengan belaka. tapi, apa salahnya berkarya? siapa tau ada bos besar dari satu perusahaan baca artikel2 di blogku, trus tertarik rekrut aku untuk jadi seenggaknya freelance writer, lumayan tuh.

so, intinya, terus saja berkarya. jangan pernah merasa kita hanya bisa meratapi nasib saat kita ada di bawah. justru tunjukkan bahwa kita bisa kembali lagi di atas. tentunya jangan lupa untuk membantu saudara2 kita yang sedang berada di bawah.

pesan saya, jadilah manusia yang produktif seperti ayam petelur.
gunakan semua fasilitas yang ada untuk berkarya dan menghasilkan karya.

salam alfabets,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar