Sabtu, 06 Juni 2015

JUALAN VIA MEDIA SOSIAL. YUKK MARIII....!!

sekarang ini, media sosial bisa dijadikan ajang untuk berkarya dan pamer hasil karya. syukur syukur ada yang ngelirik, tertarik, bahkan jadi pemilik atas hasil karya yang kita tampilkan.

Ya. meskipun masih jarang ada yang mendagangkan hasil karya sendiri untuk dijual, tapi setidaknya, banyak yang menggunakan media sosial dengan bijak.

Facebook, Twitter, Blog, Instagram, Youtube, dll dipakai dengan bijak. dan tidak sedikit yang berusaha menjajakan dagangannya di medsos2 tersebut. tidak masalah. selama itu positif, everything is happen, eveything is possible.



Kebanyakan, facebook adalah sasaran utama media sosial yang dipakai untuk mempromosikan dan menjajakan jualannya, entah itu beli dari orang trus dijual lagi maupun buatan tangan sendiri trus dijual. dan memang facebook adalah lapak yang cukup tepat dipakai, mengingat hampir semua umat manusia memiliki facebook dan menggunakannya setiap ada kesempatan.

saya pun termasuk pengguna facebook, bahkan mungkin penggila facebook yang kini mencoba peruntungan untuk mempromosikan hasil karya saya untuk dijual.

awalnya saya bingung harus berbuat apa ketika kebutuhan ekonomi makin meningkat.
1. jualan baju? nggak bisa jahit.
2. jualan makanan? nggak bisa masak.
3. jualan jasa? udah pernah dan kini mandeg.
4. jualan barang dari hasil beli dari orang? udah banyak yang ngelakuin itu.

saya cari di berbagai medsos, semuanya sulit saya lakukan dan kurang cocok dengan saya. akhirnya pada saat saya bertandang ke rumah sodara, pada suatu malam saya melihat sesuatu yang menyilaukan mata dan menarik minat saya untuk mengetahui sesuatu tersebut. saya tanya pada sepupu saya, akhirnya saya tahu kalau sesuatu itu adalah kerajinan tangan bernama makrame berbentuk gantungan kunci.

ketika saya lihat, saya raba dan saya terawang, saya kagum dan takjub karena gantungan kunci tersebut menggunakan bahan berupa benang jahit yang diameternya memakai satuan milimeter. atau mungkin mikro milimeter. ( ??? )

saya pun memutuskan untuk mencoba menggeluti skill tersebut yang ternyata sangat menyenangkan dan mengasyikkan.

o ya. bagi yang belom tahu, makrame itu adalah seni simpul yang berasal dari arab dan dipopulerkan di Amerika dan Eropa.

Next.

setelah saya tau dasar dari pembuatan makrame ini, saya langsung search tentang makrame dan mencari tutorial - tutorialnya dari berbagai sumber. setelah saya pelajari, saya makin tertarik untuk membuka bisnis handmade ini.

berikut adalah hasil karya makrame saya yang sudah saya jajakan baik secara online maupun offline :






 itu baru sebagian saja. sebenarnya masih ada lagi. kalau mau tau desain makrame yang lain, bisa cek di album makrame saya. :D
https://www.facebook.com/alfadestian.syaifari/media_set?set=a.1030197427009053.1073741890.100000564159301&type=3

dan sekarang untuk mempersiapkan bulan ramadhan dan hari lebaran, saya juga mulai merambah bisnia per-amplop-an hari raya. dengan desain yang unik murni buatan tangan, saya berharap dan berdoa dan beruaha semoga ada yang berminat dan beli amplop lebaran karya saya. :D
https://www.facebook.com/alfadestian.syaifari/media_set?set=a.1050749851620477.1073741892.100000564159301&type=3

yang namanya usaha dan mencoba serta doa pasti akan membuahkan hasil, selama di telaten'in dan tidak menyerah. karena setiap usaha keras pasti berbuah manis. iya, kan?? :D

apalagi saya merasa punya skill, dan setiap usaha yang saya geluti, saya mengutamakan kualitas. dengan mengerjakan dengan sepenuh hati, saya yakin hasilnya sangat memuaskan.

harapan saya sebenarnya tidak muluk2. intinya, orang melihat apa yang saya kerjakan, dan membeli karya saya karena memang dia menyukai seni dan menyukai hal - hal unik dan menarik seperti yang saya kerjakan. dan dia juga menghargai namanya usaha keras.

Motto saya ada dua.
If you cant be the best, be the first.
If you cant be the first, do the best.

salam alfabets,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar