Jumat, 19 Juni 2015

TENTANG RAMADHAN 1

Alhamdulillah...!!!

untuk kesekian kalinya kuucapkan syukur kehadirat Allah SWT karena masih dapat bertemu dengan bulan yang suci. disini aku berlomba - lomba dengan umat muslim lain untuk menjadi insan yang lebih baik lagi. Amin YRA... :D

bicara tentang ramadhan, banyak sekali yang bisa kutuangkan.
dan ini adalah...

- TENTANG RAMADHAN PART 1 -



Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan dimana umat islam sedunia berlomba - lomba mengumpulkan pahala.
Diantaranya :
- Solat lebih khusyuk ( bukan berarti solat diluar ramadhan nggak boleh khusyuk. tapi di bulan ramadhan ini, solat harus lebih fokus lagi, harus lebih ikhlas dan lebih baik lagi.)
- Sedekah lebih sering ( nggak harus sekali tapi banyak. namun, harus sedikit dan lebih sering. sedikit disini maksudnya nggak 100 perak ato 500 perak juga, tapi paling tidak kita bersedekah itu ikhlas. itu kuncinya sedekah. IKHLAS. kalo misalkan 2juta ikhlas, ya nggak papa. pokoknya lebih sering dan ikhlas. )
- Mengaji lebih banyak porsinya. sama dengan sedekah, banyak bukan berarti kita ngaji terus, tapi lama kelamaan nggak ikhlas. jadi, banyak tapi juga jangan terlalu banyak. intinya, banyak itu harus sesuai keikhlasan kita.
- Berbuat kebajikan lebih sering. Menolong, membantu orang tua maupun orang - orang disekitar kita juga tak kalah penting. karena kita sebagai manusia adalah makhluk sosial, jadi ya kita harus tolong menolong. betul tidak? :D

nah, kalo udah sampe sini, apa kita di bulan ramadhan nggak boleh kerja, mencari uang?

tentu boleh.
yakali cuma beribadah doang?
manusia punya akal dan pikiran. jadi, meskipun kita diwajibkan menambah rutinitas ibadah dan memperbanyak sedekah, kita juga harus bekerja. setidaknya berkarya. jangan cuma malas - malasan dirumah.
nah, tentunya, bukan berarti uang adalah segala - galanya, kita terus - terusa  bekerja tanpa mengingat ibadah.

jadi intinya, Ibadah dan rutinitas sebagai manusia harus berjalan seimbang. Karena Ibadah adalah makanan hati dan jiwa, sedangkan rutinitas sebagai manusia adalah makanan fisik.

- bersambung -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar